Pengendara Sepeda Motor Jangan Pakai Sendal Jepit, Begini Alasan Kakorlantas Polri

Pengendara Sepeda Motor Jangan Pakai Sendal Jepit, Begini Alasan Kakorlantas Polri Ilustrasi berbahaya pakai sandal jepit saat berkendara motor./pixabay.

RAGAM NUSANTARA - Saat bepergian dengan sepeda motor baik jarak dekat apalagi jarak jauh disarankan tidak menggunakan sendal jepit.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menjelaskan hal ini demi meminimalisir fatalitas kecelakaan di jalanan.

Awalnya, Firman mengumpamakan seorang pengendara yang hendak pergi menggunakan sepeda motor dengan jarak dekat.

Alih-alih menggunakan sandal jepit, Kakorlantas menghimbau pengendara itu seharusnya menggunakan sepatu untuk menghindari kecelakaan.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Tips Memilih Jaket Motor yang Tepat

Karena menurut Firman, kecelakaan justru kerap terjadi saat pengendara melakukan perjalanan jalan dekat yang rutin dilakukan setiap hari.


“Karena ada masyarakat yang bilang begini ‘Pak cuman deket aja Kok, Masa cuman mau beli tempe doang ke pasar (pakai sepatu) segala macam itu’. Kecelakaan di jalan justru dari rumah ke pasar beli tempe yang dia rutin tiap hari dan tidak ada kecelakaan itu memang yang sengaja,” tutur Firman Shantyabudi dilansir dari laman resmi Korlantas Polri.

Maka setiap pengendara sepeda motor hendaknya, lanjut Firman, untuk mempersiapkan sebaik mungkin sebelum keluar rumah menggunakan motor baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Salah satunya menggunakan sepatu, helm dan jaket sebagai bentu ikhtiar untuk menghindari kecelakaan.

Baca Juga: Cara Merawat Kulit Jok Motor Supaya Tidak Mudah Kusam dan Robek

Halaman selanjutnya
1 2 Show All

Penulis: Teguh Nurtanto | Editor: Teguh Nurtanto

Berita Terkini