Jubah Ikonik Muhammad Ali saat Tarung Lawan Sonny Liston Dilelang dengan Harga Mulai Rp7,15 Miliar

Jubah Ikonik Muhammad Ali saat Tarung Lawan Sonny Liston Dilelang dengan Harga Mulai Rp7,15 Miliar

RAGAM NUSANTARA - Hari ini, 17 Januari menandai ulang tahun ke-80 kelahiran Muhammad Ali atau Cassius Clay, sebelum masuk Islam.

Ali adalah petinju pertama yang menjadi juara dunia tiga kali, dan tampaknya warisan petarung ikonik itu masih relevan hingga saat ini seperti di masa lalunya.

Salah satu warisan Ali yang ikonik adalah jubah yang kerap dipakainya sebelum bertarung di atas ring.

TMZ Sports melaporkan, jubah yang dikenakan oleh Ali dalam salah satu pertarungan legendarisnya melawan Sonny Liston dalam duel rematch pada tahun 1965 akan dilelang mulai 437,8 ribu Euro atau sekira Rp7,15 miliar

Jubah yang dipakai Ali saat melawan Sony Liston menjadi ikonik karena dipakai dalam salah satu pertarungan tinju kelas berat paling berkesan sepanjang sejarah. Dan, jubah tersebut merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan oleh para kolektor.


Pertarungan lawan Sonny Liston di tahun 1965, juga menjadi bersejarah karena untuk pertama kalinya menggunakan nama Muhammad Ali setelah memutuskan memeluk agam Islam dan mengganti nama lamanya, Cassius Clay.

Menurut Lelang Goldin, kebenaran jubah itu telah dikonfirmasi dan akan dijual sekitar setengah juta dolar saat penawaran dimulai bulan depan.

Ali setelah memutuskan masuk Islam saat itu berkata: "Cassius Clay adalah nama seorang budak. Saya tidak memilihnya; saya tidak menginginkannya. Saya Muhammad Ali, orang bebas."

Halaman selanjutnya
1 2 Show All

Penulis: Muhammad Taufik | Editor: Muhammad Taufik

Berita Terkini