Wasit Kontroversial yang Akhiri Laga Sebelum Waktunya Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Heatstroke

Wasit Kontroversial yang Akhiri Laga Sebelum Waktunya Dilarikan ke Rumah Sakit Akibat Heatstroke Para pemain Tunisia memprotes wasit Janny Sikazwe yang memimpin laga Tunisia vs Mali di Piala Afrika 2021. (Tangkap layar live TV)

RAGAM NUSANTARA - Wasit asal Zambia, Janny Sikazwe yang jadi sorotan dunia karena keputusan kontroversialnya di laga Tunisia vs Mali pada Kamis 12 Januari 2022, dikabarkan harus dilarikan ke rumah sakit akibat mengalami heatstroke.

Mengutip laporan yang dilansir Daily Mail, Komite Wasit AFCON mengonfirmasi Janny Sikazwe harus dibawa ke rumah sakit seusai pertandingan Tunisia melawan Mali.

Janny Sikazwe jadi sorotan karena keputusannya mengakhiri pertandingan lebih awal atau sebelum waktunya dalam pertandingan yang dimenangkan Mali dengan skor 1-0.

Bahkan, Janny Sikazwe diketahui sempat meniup peluit akhir pertandingan pada menit 85 sebelum menyadari keputusannya salah.

Akibat mengakhiri laga sebelum waktunya, Janny Sikazwe diprotes habis-habisan oleh pemain, pelatih dan ofisial Tunisia hingga harus mendapat pengawalan untuk bisa meninggalkan lapangan.


Dalam pernyataan resminya, Kepala Komite Wasit AFCON, Essam Abdel Fatah mengatakan, Janny Sikazwe sudah bekerja dengan baik memimpin pertandingan.

Namun kata Essam Abdel Fatah, panasnya suhu udara di Stadion Limbe Omnisport yang dilaporkan saat pertandingan Tunisia vs Mali mencapai 34 derajat celcius membuat Janny Sikazwe mengalami heatstroke dan dehidrasi.

"Wasit mengalami heatstroke dan dehidrasi parah yang menyebabkan dia kehilangan fokus sehingga harus dibawa ke rumah sakit (seusai pertandingan)," kata Essam Abdel Fatah.

Halaman selanjutnya
1 2 Show All

Penulis: Muhammad Taufik | Editor: Muhammad Taufik

Berita Terkini