Sebelum Suntik Vaksin Booster, Simak Dulu 5 Hal Penting Ini

Sebelum Suntik Vaksin Booster, Simak Dulu 5 Hal Penting Ini Ilustrasi vaksin. (dinkes.kalbarprov)

RAGAM NUSANTARA - Pada Rabu 12 Januari 2021, pemerintah Indonesia mulai menjalankan program pemberian vaksin dosis ketiga atau booster.

Program ini salah satu bentuk upaya lanjutan dari vaksinasi primer atau dosis penuh bagi 1 kali atau 2 kali suntik tergantung jenis vaksinnya.

Vaksinasi booster ialah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei.

Adapun syarat penerima vaksin booster adalah mereka berusia 18 tahun ke atas, tinggal di kabupaten/kota yang telah mencapai vaksinasi dosis kedua 60 persen, dan sudah mendapatkan vaksin dosis kedua minimal 6 bulan.

Sebagaimana dilansir RAGAMNUSANTARA.COM dari PMJNEWS melalui laman Time Of India, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menerima vaksin booster.


1. Tidur Cukup

Tidur cukup selama 7 hingga 8 jam disebut mampu meningkatkan kerja sistem imun. Menurut studi dari International Journal of Behavioral Medicine, pada orang-orang dengan jam tidur kurang dari 5 hingga 6 jam sehari, efektivitas vaksin menurun hingga 50 persen.

2. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Halaman selanjutnya
1 2 Show All

Penulis: Tim Ragam Nusantara | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini