3 Perbedaan Ilmu Hitam dan Ilmu Putih Menurut Islam

3 Perbedaan Ilmu Hitam dan Ilmu Putih Menurut Islam Ilustrasi. (Free-Photos)

RAGAM NUSANTARA - Mendengar ilmu kebal bisa jadi pikiran Anda akan mengarah pada suatu hal yang tak lazim. Dengan ilmu itu seseorang mampu bertahan dari sayatan golok atau panasnya si jago merah.

Ilmu hitam dan ilmu putih dalam Islam sebenarnya tidak ada. Namun, kedua jenis ilmu tersebut memang ada di tengah masyarakat dan merupakan bagian dari ilmu sihir.

Sebagian orang juga menganggap ilmu itu sebagai sesuatu yang menyeramkan. Anggapan demikian tidak seutuhnya benar, mengingat ilmu kebal pada hakikatnya adalah untuk melindungi diri dari bahaya tindak kekerasan.

Namun apakah ilmu kebal termasuk dalam ilmu hitam, ilmu putih atau malah keduanya?

Dalam Islam sesungguhnya tidak dikenal ilmu hitam dan ilmu putih. Namun, kedua jenis ilmu tersebut memang ada di tengah masyarakat dan merupakan bagian dari ilmu sihir. Ilmu sihir sendiri memang ada dan memiliki hakikat.


Sebagaimana disadur RAGAMNUSANTARA.COM dari laman Dalam Islam, Al Qurthubi rahimahullah mengatakan.

“Menurut ahli sunnah wal jama’ah, sihir itu memang ada dan memiliki hakikat, dan Allah Maha Menciptakan segala sesuatu sesuai kehendak-Nya, keyakinan yang demikian ini berbeda dengan keyakinan kelompok Mu’tazilah.” Tafsir Ibnu Tafsir, Asy-Syamilah.

Menurut Ustadz Ahmad Junaidi, dalam ilmu sihir terdapat sihir hitam atau as sihrul aswad (black magic) dan sihir putih atau as sihrul abyadh (white magic). Keduanya memiliki beberapa perbedaan sebagai berikut.

Halaman selanjutnya
1 2 3 Show All

Penulis: Tim Ragam Nusantara | Editor: Dadi Mulyanto

Berita Terkini