Skandal Match Fixing Terbesar di ASEAN Terungkap, 45 Pemain Dapat Hukuman Berat dari FIFA

Skandal Match Fixing Terbesar di ASEAN Terungkap, 45 Pemain Dapat Hukuman Berat dari FIFA

RAGAM NUSANTARA - Skandal pengaturan skor yang melibatkan puluhan pemain sepak bola di Laos terungkap hingga membuat FIFA menjatuhkan hukuman seumur hidup.

Dikutip dari laman Radio Free Asia (RFA), sebanyak 45 pemain sepak bola di Laos dinyatakan terbukti terlibat praktik match fixing alias pengaturan pertandingan atau pengaturan skor pertandingan. Ini menjadi kasus match fixing terbesar yang terungkap selama beberapa tahun terakhir di ASEAN, bahkan di Asia.

Federasi Sepak Bola Laos, LFA, dalam pernyataannya mengutuk tindakan haram yang dilakukan para pesepakbola di negara tersebut. Ini menjadi skandal pengaturan skor terbesar yang terungkap dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak disebutkan detail siapa saja 45 pemain yang terlibat match fixing, tetapi secara tidak langsung, LFA tak menampik adanya keterlibatan beberapa pemain yang selama ini dipercaya membela tim nasional mereka.

LFA mengatakan FIFA telah menjatuhkan hukuman larangan terlibat dalam aktivitas sepak bola kepada 45 pemain sepak bola putra Laos karena keterlibatan mereka dengan skema pengaturan pertandingan.

"Praktek pengaturan pertandingan ini secara langsung memengaruhi pemilihan pemain sepak bola kami untuk tim nasional kami untuk kompetisi regional dan internasional di masa depan," kata kata wakil presiden federasi Khampheng Vongkhanti.

"Federasi telah secara konsisten mendidik atlet kami untuk disiplin terutama sebelum dan setiap akan menjalani kompetisi internasional."

"Tetapi jelas, para pemain ini tidak mengindahkan saran kami. Mereka memilih kepentingan pribadi mereka daripada negara."

"Tindakan mereka telah merusak reputasi mereka sendiri dan negara," tambahnya.

Sementara seorang mantan pejabat Departemen Olahraga Laos yang tidak mau diungkap namanya, menyatakan federasi menerima banyak keluhan dari penggemar sepak bola di Laos yang melihat buruknya penampilan timnas mereka di Piala AFF.

Halaman selanjutnya
1 2 3 Show All

Penulis: Muhammad Taufik | Editor: Muhammad Taufik

Berita Terkini